Jumat, 20 Desember 2013

Membuat VPN PPTP di Mikrotik

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat VPN Server dengan MikroTik dengan menggunakan protokol PPTP.
  1. Setelah mendapat IP Public dari Internet Provider, selanjutnya kita akan melakukan konfigurasi PPP -> PPTP SERVER. ( Point To Point Tunneling Protocol).
  2. Buat New Interface PPTP Server. Klik OK.
  3. Berikutnya kita membuat IP Pool, atau sekelompok IP Address yang digunakan untuk mengalokasikan sejumlah IP bagi VPN Client per-user yang nantinya akan terkoneksikan ke Mikrotik VPN Server kita. Selain dengan IP Pool, kita juga bisa mendelegasikan IP Address satu per satu per-user. Tapi jika jumlah VPN Client-nya banyak, maka cara ini yang paling tepat untuk dilakukan. Caranya : Klik menu IP –> POOL.
  4. Kemudian kita buat sebuah Profile dengan nama VPN, pada menu PPP > Profile. Local Address adalah IP Address yang digunakan sebagai VPN Gateway oleh Mikrotik (yaitu IP Address Mikrotik LAN). Remote Address adalah IP Address yang akan diberikan kepada masing-masing VPN Client. IP Address inilah yang dikenali dan berkomunikasi dengan PC yang lain.
  5. Selanjutnya kita klik PPTP SERVER. Option inilah yang menentukan apakah Fitur PPTP SERVER berfungsi atau tidak di Mikrotik kita. Aktifkan / centang tanda “ENABLE” lalu pilih Default Profile yang telah kita buat pada langkah keempat.
  6. Langkah selanjutnya adalah membuat User VPN pada tab SECREET. Setting Username, Password, Service: PPTP dan Profile VPN
  7. Selesai.
Membuat VPN Client di Windows XP
Setelah VPN Server di MikroTik berhasil kita buat, langkah selanjutnya adalah membuat VPN Client di komputer . Disini saya akan menguraikan langkah2 membuat VPN Client di komputer yang menggunakan OS Windows XP.
  1. Buka Control Panel – klik icon Network Connections
  2. Klik Create a new connection – klik Next
  3. Pada jendela Network Connection Type, pilih Connect to the network at my workplace – klik Next
  4. Pada pilihan Create the following connection, pilih Virtual Private Network connection – klik Next
  5. Isi kolom Company Name, misalkan VPNKU – klik Next
  6. Pada jendela selanjutnya isikan alamat IP Address public dari MikroTik  yang akan kita hubungi.
  7. Klik Next – klik Finish.

0 komentar:

Posting Komentar